“Pembibitan yang kita buat gagal lagi bu”, ujar bu Isah ketua RT Rusun Cipinang Pulo sesaat begitu Transformasi Hijau datang pada Senin sore dan bertanya mengenai pembibitan yang dilakukan. “Itu, habis sama tikus, gak tahu deh gimana nyeleseinnya”, lanjut bu Isah lugas.

Berkebun minimalis

Sejak November 2015, TRASHI, HSBC, dan Terminal Benih bersama dengan warga rumah susun yang teletak di belakang Lembaga Pemasyarakatan Cipinang ini melakukan kegiatan bercocok tanam memanfaatkan lahan yang masih tersisa di dalam wilayah rumah susun. Bunga Telang, bayam, terung, kemangi merupakan beberapa jenis tanaman yang ditanam disana.

Sebagai salah satu kegiatan bertanam tersebut adalah mencoba membuat pembibitan. Ini adalah upaya kedua dalam membuat pembibitan, dan masih belum berujung pada keberhasilan.

Penanaman ini berkonsep minimalis, dengan memanfaatkan lahan di tengah rusun berukuran 2×5 m. Meskipun demikian, sedikit banyak telah dimanfaatkan oleh warga rusun, dibuktikan dengan bunga telang yang tidak pernah terkumpul karena selalu diminta oleh ibu-ibu rusun untuk diolah sendiri menjadi bahan minuman (Edy Sutrisno – TRASHI).

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *