Hari ini adalah Hari Air Sedunia!

Hari Air Sedunia 2016
Hari Air Sedunia 2016

Tema Hari Air Sedunia 2016: Air dan Pekerjaan | Koordinasi UN-Water bersama dengan ILO (International Labour Organization)

Tema ini diangkat sebagai tema Hari Air Sedunia 2016, karena hampir setengah dari pekerja di dunia (1,5 miliar orang) bekerja di sektor yang terkait dengan air bahkan bisa dikatakan hampir semua pekerjaan tergantung pada air. Namun faktanya, jutaan orang yang bekerja tersebut tidak terpenuhi hak-haknya dengan baik.

Oleh karena itu, Hari Air Sedunia tahun ini memfokuskan pada kualitas dan kuantitas air yang akan dapat mengubah kehidupan dan mata pencaharian buruh. Bahkan mampu mempengaruhi masyarakat dan perekonomian dunia. Padahal pada tahun 2050, diprediksi populasi penduduk bumi akan meningkat hingga 35%.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai keterkaitan antara Air dan Pekerjaan, kunjungi website menarik ini:

http://www.waterandjobs.org/

Sekilas tentang Hari Air Sedunia

Hari Air Sedunia atau World Water Day merupakan salah satu hari peringatan lingkungan hidup tingkat internasional. Tujuannya sebagai kampanye akan peran penting air bagi kehidupan serta mengajak masyarakat dunia untuk turut serta melindungi pengelolaan sumber daya air.

Hari Air Sedunia dicetuskan kali pertama saat digelar United Nations Conference on Environment and Development (UNCED) atau Konferensi Bumi oleh PBB di Rio de Janeiro pada tahun 1992. Pada sidang yang dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 1992 tersebut, disepakati untuk menyelenggarakan peringatan Hari Air Sedunia yang akan digelar pertama kali pada 22 Maret 1993. Sejak itu World Water Day diperingati setiap tahun.

Sumber:
http://www.unwater.org/worldwaterday/
http://alamendah.org/2016/03/17/tema-dan-logo-hari-air-sedunia-2016/

Tagar:
#worldwaterday #betterwaterbetterjobs #hariairsedunia

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *