Warga rumah minati urban farming

TRASHI kembali bermain tanah bersama relawan HSBC, Terminal Benih dan warga di rumah susun Cipinang Besar Utara (Sabtu, 16/01/2016). Pada kunjungan kali ini, kami belajar tentang urban farming di ruang terbuka hijau komplek rumah susun. Pertemuan kali ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan seminggu sebelumnya.

Funeducation bersama anak-anak

Relawan TRASHI memulai kegiatan dengan mengajak anak-anak rumah susun untuk bermain bersama. Tidak hanya bermain, Kak Sarie Wahyuni mengingatkan anak -anak untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Sesekali Kak Sarie mengingatkan “Adik-adik ingat itu buang sampahnya di mana? Ayo, ambil sampahnya buang ke tempatnya ya” sambil menunjuk sampah bungkus makanan yang berserakan di sekitar lokasi acara. Kegiatanpun dilanjutkan oleh Kak Yusuf Garuda dengan pertunjukkan “Sulap Kak Ucup”. Anak-anak dibuat berdecak kagum dengan permainan kotak, dan boneka lucu yang menghibur.

Pengolahan sampah dan urban farming

Urban farming atau pertanian kota, merupakan salah satu kegiatan yang sedang dilakukan oleh warga rusun Cipinang Besar Utara. Blok-blok batako seluas 1 meter persegi pun diminati sekira 30 orang warga rusun untuk menanam tanaman kegemarann mereka. Tidak hanya diminati oleh anak-anak muda, terdapat beberapa lansia juga yang nampak antusias menanam, salah satunya adalah nenek yang akrab dipanggil Opung. Opung membawa tanaman kesukannya untuk ditanam di kebun bersama yang disiapkan di lahan kosong rumah susun. Beberapa jenis sayuran yang ditanam diambil dari sisa dapur, seperti, bayam dan kangkung. Dan beberapa jenis lainnya adalah tumbuhan obat.

Saya yang juga bertugas mendampingi kelompok pemudi memberikan tantangan untuk mendokumentasikan pertumbuhan benih dari mulai disemai hingga panen nanti. Pendokumentasian ini diharapkan dapat menghantarkan para pemudi untuk melakukan riset kecil tentang perkembangan tumbuhan yang ditanam oleh mereka. Proses menanam ini belum usai. Masih dibutuhkan masa perawatan sebelum akhirnya warga siap memanen dan menikmati hasilnya (Fadhel ‘Ichay’ Achmad).

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *