Hari Relawan Sedunia yang diperingati setiap 5 Desember merupakan kegiatan tahunan yang dipersembahkan khusus bagi para relawan.  Peringatan Hari Relawan yang tahun ini jatuh di hari Sabtu akan diperingati secara khusus oleh gabungan relawan HSBC, KTLH Sangga Buana dan Perkumpulan TRASHI.

Kegiatan peringatan Hari Relawan di tepi kali Pesanggrahan ini bertemakan Big Hero.  Big Hero ini menceminkan akan pentingya peran para relawan dalam kegiatan lingkungan dan sosial.  Para relawan tersebut terbukti ikut membantu membentuk opini masyarakat urban seperti di kota Jakarta akan pentingnya terlibat dan aktif dalam berkegiatan lingkungan.

Poster Sanggabuana

Kegiatan ini akan dipusatkan di Hutan Kota Sangga Buana yang berlokasi di Karang Tengah, Cilandak, Jakarta Selatan.  Komunitas Sangga Buana  yang dimotori oleh Haji Chaerudin ini memiliki peran penting dalam menyebarkan rasa cinta lingkungan, khususnya bagi warga yang tinggal di bantaran kali Pesanggrahan.

“Pada peringatan Hari Relawan Sedunia ini, TRASHI kembali hadir dalam kegiatan kolaborasi bersama relawan HSBC dan relawan Sangga Buana”, ujar Yusuf  Aprianto, koordinator relawan TRASHI.  Dewi Anggraini, selaku koordinator relawan HSBC menyatakan bahwa pada kegiatan ini akan dilakukan beberapa kegiatan bertema lingkungan seperti pemilahan sampah di pusat pengelolaan sampah Sangga Buana, pelepasan bibit ikan di Pesanggrahan, serta penanaman pohon.

Lebih lanjut, Ario Salaka, koordinator relawan Sangga Buana menyatakan bahwa selain para relawan akan dilibatkan pada kegiatan lingkungan di kawasan Hutan Kota Sangga Buana, mereka juga akan terlibat dalam diskusi santai a la warung kopi untuk berbincang kegiatan para relawan ke depannya.

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *