DSC_0325
Trashi saat melakukan kegiatan di Hutan Mangrove, Jakarta. (Foto.doc Trashi)

 

Generasi muda merupakan agen perubahan di dalam semua bidang. Tak terkecuali bagi pelestarian lingkungan. Transformasi Hijau (Trashi) merupakan salah satu komunitas yang mengajak anak muda Jakarta dan sekitarnya untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungannya agar tetap lestari.

Dalam setiap kegiatannya, mereka melibatkan pelajar, mahasiswa, dan umum untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan. Caranya, melalui pendidikan lingkungan, riset dan kreasi ke berbagai hutan kota dan taman.

Tak jarang, Trashi juga menggandeng komunitas dan organisasi lingkungan di Jakarta seperti GEF, Yayasan KEHATI, Rimbawan Muda Indonesia, Jakarta Green Monster, River For Life, Teens Go Green, Jakarta Birdwatcher’s Society dan lain-lain.

Menurut Trashi lingkungan yang ideal itu ketika ada keseimbangan antara sisi humanisme, ekologis dan ekonomi. “Jakarta tidak selamanya dihuni oleh gedung beton saja, masih ada beberapa jenis hewan liar yang bisa ditemukan, jika jeli mencarinya. Di beberapa ruang terbuka hijau Jakarta, ditemukan paling tidak 125 jenis burung liar”, ujar salah satu penggiat Trashi.

DSC_0208
Dua orang anggota Trashi sedang mengamati dan mendata satwa burung yang berada di Ruang Terbuk Hijau di kawasan Jakarta. (doc. Trashi)
0333
Trashi sedang mengajarkan masyarakat untuk mendaur ulang sampah kertas. (doc. Trashi)
0222
Selain mendata satwa burung dan mengajarkan daur ulang sampah, bersama masyarakat sekitar, Trashi juga menanam tanaman Mangrove di Jakarta. (doc. Trashi)

Agar tetap lestari, perlu perhatian dari warga Ibukota tentunya. Untuk mewujudkan harapan ini, Trashi sedang berkembang dan menyebarkan semangat perubahan melalui program yang dinamakan Young Transformers.

Transformasi Hijau berharap semakin banyak anak muda dan teman-teman dari segala usia terlibat aktif dalam kegiatan pelestarian lingkungan. Karena, semakin meningkatnya pemahaman anak-anak muda mengenai lingkungan terbuka hijau, maka akan semakin mudah menjaga kelestariannya. Yuk, mari bergabung. Bersama-sama lestarikan lingkungan di sekitar kita.

 

(Dikutip dari Majalah Smartdesign Edisi November 2012)

 

Disalin dari laman Majalah Asri

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *