Zooming In Ikan Glodok

Ikan gelodok adalah sekelompok ikan dari beberapa marga yang termasuk ke dalam suku Gobidae, anak suku Oxudercinae. Dalam bahasa Inggris disebut mudskipper. Ikan-ikan ini senang melompat-lompat ke daratan, terutama di daerah berlumpur atau berair dangkal di sekitar hutan mangrove ketika air surut. Kebiasaan melompat di lumpur ini, dapat menjadi bukti prasejarah peralihan ikan ke amfibi. Percaya atau tidak, ikan gelodok sudah ada sejak 22,5 juta tahun yang lalu dan bertahan hingga sekarang.

Di Indonesia, ikan gelodok ditemukan oleh Harden Berg pada tahun 1935 di Sumatera dan Kalimantan dari jenis Periophtalmus sp dan sekarang telah tersebar luas di sepanjang pantai utara Jawa, segara anakan Cilacap dan Nusakambangan, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan Maluku. Saat ini telah teridentifikasi sebanyak 35 spesies ikan gelodok di Indonesia. Terbagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu Boleophthalmus, Periophthalmus dan Periophthalmodon.


Di Jakarta saat ini hanya ditemukan 2 jenis yaitu Boleophthalmus boddarti dan Periophthalmus chrysospilos. Jenis ini dapat ditemukan di Taman Wisata Alam Angke Kapuk hingga ke Hutan Lindung Angke Kapuk dan hidup di antara tumpukan sampah dan bahan pencemar lain yang menumpuk di muara Jakarta. 


Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *