Rayakan Ulang Tahun dengan Mulung Sampah

Aksi Memulung Sampah Ciliwung 

Perayaan ulang tahun dapat dilakukan dengan berbagai hal menarik. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) Bogor pada Sabtu (17/03/2011). Ulang tahun KPC ke 4 ini dilakukan di RW 4 Kelurahan Sempur, tepi Ciliwung Bogor. Acara yang dihadiri oleh warga Sempur dan jejaring komunitas Ciliwung dari Bogor, Depok dan Jakarta semakin menambah semarak kegiatan ini.

Tema ulang tahun KPC Bogor kali ini masih sama seperti tahun sebelumnya, yaitu berkaitan dengan sampah. Sampah merupakan pemandangan khas yang selalu bisa dilihat di tepian Ciliwung. Cara pandang sungai sebagai tempat sampah sudah dimulai dari aliran hulu Ciliwung.

“Kerusakan Ciliwung ini sudah dimulai sejak dari mata airnya, di Telaga Warna. Hasil susur yang dilakukan KPC Bogor menunjukkan adanya sampah plastik dari vila yang dapat ditemukan di aliran hulu Ciliwung” ungkap Hari Kikuk, koordinator susur Ciliwung KPC Bogor.


Aksi mulung sampah diikuti oleh 20 orang yang berasal jejaring komunitas Ciliwung dan siswa sekolah SMA PGRI dan SMP 11 Bogor. Mulung sampah yang dilakukan selama 1 jam ini berhasil mengumpulkan beragam jenis sampah mulai dari plastik, hingga pakaian dan potongan batang pohon yang terhanyut bersama aliran Ciliwung. Jumlah sampah yang terkumpul mencapai 500 Kg. 

“Aksi mulung yang kami lakukan setiap bulan ini tidak untuk membersihkan sampah di Ciliwung. Apa yang kami lakukan ini sebagai bentuk teguran halus ke warga Bogor bahwa kita harus menjaga Ciliwung bebas dari sampah” ujar Hapsoro, koordinator KPC Bogor. Menjaga Ciliwung bersih dari sampah bukan tugas KPC Bogor saja, tapi ini adalah tugas kita semua yang mengaku sebagai penduduk Bogor, tambahnya. 

“Saya ikut mulung sampah ini karena ingin melihat Ciliwung bersih dari sampah dan airnya dapat dimanfaatkan oleh warga yang ada di sekitarnya” pesan Isa seorang pelajar SMP 11 Bogor yang mengikuti aksi mulung ini. (Hendra Aquan – Transformasi Hijau) 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *