Belajar Kreasi saat Berkunjung ke Kelurahan Sempur

#Pelatihan di Kelurahan#
Sabtu, 17 Maret 2012, Penggerak PKK Kelurahan Sempur mengadakan Pelatihan Produk Daur Ulang Sampah Plastik. Pelatihan ini masih satu rangkaian dengan peletakan batu pertama pembangunan tempat Pengolahan Sampah Plastik (Mesin Pencacah Plastik). 

Pelatihan yang dihadiri sekitar 25 Ibu-ibu Penggerak PKK dan Posyandu di Kelurahan Sempur ini difasilitasi oleh teman-teman dari Green Earth (GREENA) Community, Kampung Cisalopa, Desa Pasir Buncir Kec. Caringin Kab. Bogor. 

Peletakan Batu Pertama
Pengenalan mengenai kreasi sampah plastik oleh teh Nina, dari Greena menceritakan kegiatan yang berawal dari Kelompok ibu-ibu dan remaja putri dari pengajian majelis taklim Al-Muhtadin yang memang sudah rutin mengadakan pertemuan. Dan pada akhirnya bersedia menyisihkan sekitar satu jam dari jadwal rutin pertemuan untuk berkreasi sampah plastik kemasan ini. Kreasi sampah plastik kemasan ini tidak memerlukan mesin, hanya perlu ketelatenan dan kemauan mengerjakannya. 

Hingga pada pelatihan di Kelurahan Sempur ini, ibu-ibu dan remaja putri dari Kampung Cisalopa yang memang mengerjakan kreasi ini di kampung mereka sudah menjadi Tim Pengajar. Sampah Plastik Kemasan yang dipakai pada kreasi misalnya plastik kemasan  mie instant, minuman -kopi- instant. Jika sudah terkumpul, bisa langsung dibersihkan dan dikeringkan, maka sampah ini siap untuk diolah.

Hasil Karya Kampung Cisalopa
Begini Cara Menggunting

Begini Cara Menjahit

Foto Bersama Setelah Pelatihan

Green Earth (GREENA) Community
Jalan Snakma KP. Cisalopa Ds. Pasir Buncir Kec. Caringin Kab. Bogor
Telp   : 085718855739
FB       : Produk Daur Ulang Ge
CP       : Nina Nuraniyah

Join the Conversation

2 Comments

  1. Bisa jelaskan cara membuat kerajinan seperti tas, dompet dll menggunakan sampah plastik seperti sampah plastik minuman kopi dan yang lainnya?
    Saya prihatin dengan kondisi dilingkungan saya yang penuh dengan sampah plastik yang berserakan ataupun yang dibakar (menjadi polusi), saya ingin mendaur ulangnya. Mohon petunjuknya.
    Ini nomor hp saya, 083824905655

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *