Apakah Lahan Basah Itu Gedung DPR?

Selamat memperingati Hari Lahan Basah Sedunia yang diperingati setiap tanggal 2 Februari 2012. Mungkin tidak banyak orang yang tahu tentang Lahan Basah. Apakah itu sama dengan istilah lahan basah gedung DPR? atau kawasan banjir ya? 


Makna lahan basah menurut ”Konvensi Ramsar” yang ditetapkan di Iran pada tahun 1972 adalah daerah peralihan antara sistem perairan dan sistem daratan di mana airnya tergenang. Lahan basah sangat penting bagi banyak jenis tumbuhan dan sebagai habitat satwa karena lahan basah merupakan wilayah yang memiliki tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi dibandingkan dengan kebanyakan ekosistem. 


Kawasan lahan basah merupakan lahan yang subur dengan unsur hara tanah, sehingga kerap dimanfaatkan menjadi lahan-lahan pertanian, seperti lahan persawahan, pertambakan. Suburnya tanah di lahan basah membuat di atasnya dapat tumbuh berbagai macam jenis tumbuhan, seperti hutan rawa air tawar, hutan rawa gambut, hutan bakau, paya rumput, tepian sungai. 


Beragamnya jenis tumbuhan yang dapat hidup di lahan basah, menjadi tempat yang unik dan nyaman bagi satwa untuk tinggal di dalamnya. Tidak heran kalau kita bisa menemukan beragam jenis satwa mulai dari buaya, kura-kura, biawak, ular, aneka jenis kodok, dan berbagai macam ikan; hingga ratusan jenis burung dan mamalia (Ayut Enggeliah – Yayasan IAR Indonesia)



Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *