Dari Ekspedisi Zamrud Khatulistiwa sampai Aksi Amal Diver

Kalau denger kata Diver pastinya itu bahasa Inggris doong yang artinya penyelam atau orang yang menyelam ke dasar laut. Nah kali ini majalah inspirasi memang meliput para penyelam senior yang akan berbagi pengalamanya di dunia bawah laut yang memang wilayah jajahan mereka. Nah karena nama acaranya Arisan Diver pasti pada mikir kalo para penyelam lagi kumpul dan main arisan, ya kaan??

Sebenarnya arisan yang dimaksud di sini bukan arisan dalam arti sesungguhnya. Melainkan mengandung arti berkumpul serta berbagi cerita tak hanya mengenai dunia perselaman tapi juga pengalaman terbesar mereka mengelilingi Indonesia yang tergabung dalam Tim Ekspedisi ZAMRUD KHATULISTIWA. Acara yang digelar di Taman Bacaan Masyarakat LEARNING LOUNGE  Plaza Semanggi, Lantai 3 Jl. Jendral Sudirman, Jakarta pada 12 Februari 2012 ini benar-benar memanjakan mata para pengunjung yang datang. Karena selain berbagi pengalaman di acara ini penyelenggara menyuguhkan video perjalanan tim Zamrud Khatulistiwa menjelajah dan merekam 100 pulau pada 40 gugus kepulauan hampir 1 tahun

Beberapa pengunjung bahkan merasa takjub akan keindahan alam Indonesia terutama lautnya. Karena 70% wilayah indonesia adalah lautan, kenapa tidak menyelam? Lets Dive! Ujar anggota Liquid Dive Community setelah melihat video tersebut. “Tim Ekspedisi Zamrud Khatulistiwa merekam seni, budaya, sosial, ekonomi, lingkungan dalam foto dan video baik di darat maupun underwater, tutur Farid Gaban salah satu personil tim Ekspedisi.


Acara ini bisa dibilang sebagai ajang gathering juga sharing antar diver professional dengan diver pemula juga sharing antar komunitas. Terbukti dari beberapa pengunjung hadir beberapa perwakilan dari berbagai komunitas di Jakarta maupun daerah. Di antaranya, KeluaRumah, Yayasan Air Putih, Transformasi Hijau, National Geographic Indonesia, Majalah SDAAI, Energy Nusantara, SmanDel 86 Jakarta. “Acara ini memang terbuka untuk umum dan GRATIS”, ungkap mba Vini selaku paenyelenggara acara. Kami juga sengaja membuat acara ini supaya komunitas diver lainnya juga bisa join di sini. Komunitas lainpun juga boleh sharing di tiap kegiatan arisan diver, kami menyediakan tempat ini bekerja sama dengan pihak plaza semanggi juga. Jadi kapanpun mau gelar acara bisa di sini, tambah Vivi.

Di acara ini juga hadir Dr. Erick Spesialis Hyperbaric, menjelaskan efek nitrogen dalam tubuh, terlalu lama menyelam apa efeknya bagi tubuh dan seabreg pengetahuan lainnya yang berguna bagi para calon diver pemula. Ada juga Ibu Nunung Hasan selaku Ketua bidang wisata bahari GIPI, beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini agar dapat rutin diadakan. Dan sebagai penggiat kegiatan alam bebas merangkap sebagai aktor Donny Damara ikut meramaikan acara juga menjelaskan kegiatan amal bagi korban angin puting beliung di kepulauan seribu, yaitu Care to Share Seribu Diver bagi Pulau Seribu. 

Diharapkan dari kegiatan ini selain antara kami dan komunitas lain saling berbagi pengalaman juga terselip rasa peduli pada saudara-saudari kita yang tertimpa bencana di kepulauan seribu agar dapat meringankan beban mereka juga “Memulihkan Taman Bermain Kita yang sedang Berduka” tutup Suwandi Ahmad. (Juliana Priscilla Dewi – Young Transformers)


 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *