Lakukan Perubahan Melalui Film

Aksi panggung Srupati Respati
saat membuka StoS Film Festival 2012


Gusti nuntun lampah kula, saklangkung nggen kula begja,
Tenga pundi purug mami, tansah kula dipun kanthi.

Penggal lagu Jawa di atas yang dinyanyikan oleh Srupati Respati secara resmi membuka South to South Film Festival 2012 yang akan berlangsung mulai Rabu (22/02) hingga Minggu (26/02). Festival film yang mengangkat film bertemakan sosial, budaya dan lingkungan ini ternyata memiliki banyak peminat. Beberapa kalangan seperti mahasiswa, penikmat seni, musisi, penggiat lingkungan hingga sutradara film nampak antusias mengikuti acara perdana yang  berlangsung Rabu (22/02) di Goethe Institut.

Dalam sambutan pembukanya, Ferdinand Ismail selaku direktur festival mengajak para penonton untuk dapat mengambil pesan moral yang diceritakan melalui film yang ditonton. StoS film festival kali ini mengangkat tema Semangat Tanpa Batas untuk melakukan perubahan  ke arah yang lebih baik.

“Film merupakan media yang cukup baik untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat luas” ungkap Frank Werner selaku Direktur Goethe Institut saat menyampaikan sambutan tuan ramah pelaksanaan StoS 2012. Selain sebagai media hiburan, film juga dapat menjadi alat politik yang cukup efektif untuk memberikan pencerahan dan pemahaman kepada orang banyak. “Sudah saatnya kita memandang film dengan cara yang berbeda untuk membawa perubahan bagi kondisi yang buruk di sekitar kita” tambah Frank saat membuka StoS secara resmi.

Pembukaan StoS Film Festival 2012 dikemas secara berbeda dengan mengangkat perjuangan warga Mollo melawan pertambangan marmer. Hadir pada kesempatan ini Aleta Baun, seorang tokoh perempuan masyarakat adat Mollo-Fatumnasi yang menjadi penggerak warganya untuk menolak adanya tambang di Mollo. Kehadiran Mama Aleta, ini adalah wujud semangat tanpa batas yang diperjuangkan masyarakat adat untuk menjaga budaya dan alamnya tetap lestari.

Pemutaran film dan diskusi akan berlangsung di Goethe Institut , Institut Français d’Indonésie dan Kineforum. Pilihan film yang diputarpun cukup beragam mulai dari dokumenter hingga film animasi ringan yang kaya informasi. Selamat menikmati StoS Film Festival 2012 dan ambil hikmah untuk melakukan perbaikan bagi sekitar kita dengan tetap semangat tanpa batas. (Hendra Aquan – Transformasi Hijau)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *