Kupu-kupu Juga Ada Harganya

Ideopsis juventa sedang memakan nektar


Kita sering melihat kupu-kupu. Hewan kecil bersayap dan berwarna indah yang sering nampak hinggap di tanaman. Pernahkah Anda iseng bertanya, apa pentingnya kupu-kupu bagi manusia dan lingkungan? 

Di lingkungan, kupu-kupu berperan sebagai hewan penyerbuk (pollinator). Hewan golongan ini membantu tanaman berbunga berkembang biak. Di dalam siklus rantai makanan, kupu-kupu berfungsi sebagai bahan makanan bagi kelompok pemangsa seperti burung.
Peran kupu-kupu di atas dapat dirasakan oleh manusia secara tidak langsung. Apakah ada keuntungan langsung bagi manusia dengan adanya hewa ini? Tentunya ada. Kupu-kupu dapat meningkatkan penghasilan manusia. Buktinya masyarakat Papua dapat menjual kupu-kupu jenis Ornithoptera spp kepada kolektor dengan harga berkisar US$ 500 hingga US$ 800. Penjualan tersebut dilakukan dari hasil peternakan semi alami, sebagai solusi agar masyarakat tidak lagi menangkap kupu-kupu tersebut dari alam. 

Selain itu kupu-kupu juga dikagumi karena keindahan dan warnanya sering dijadikan inspirasi untuk lukisan, motif  batik, perangko, dan kerajian. Banyak hasil karya seni bernilai jutaan rupiah yang menggunakan obyek kupu-kupu. (Ady Kristanto – Transformasi Hijau)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *