Ketahui Jenis Kupu-Kupu Tahan Polusi Jakarta

Melihat warna-warni kupu-kupu yang sangat beragam tentu membuat kita penasaran. Ada berapa banyak jenis kupu-kupu yang masih bisa bertahan hidup di tengah kota berpolusi seperti Jakarta. Kali ini kita akan mengenal jenis kupu-kupu yang umum  ditemukan di daerah perkotaan.

Graphium agamemnon dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Tailed Jay adalah kupu-kupu tropis yang didominasi warna hijau dan hitam. Merupakan spesies yang umum berada di hutan dataran rendah hingga daerah perkotaaan. Persebarannya di India, Srilangka, kawasan Asia Tenggara hingga Australia. Kupu-kupu ini adalah penerbang kuat, sangat menyukai nectar dari tumbuhan Sidagori (Sida rhombifolia), kembang Telek atau Tembelekan (Lantana camara), bunga Nusa indah (Mussaenda frondosa) dan bunga Soka (Ixora coccinea). Pohon yang sering dijadikan tempat bertelur adalah jenis Glodogan tiang (Polyalthia longifolia).

Hypolimnas bolina atau Great Egg-fly. Hal yang paling menarik dari jenis ini adalah banyaknya variasi jenis warna (polimorfisme), khususnya pada betina. Merupakan salah satu jenis kupu-kupu yang paling bervariasi di dunia, karena betina memiliki lebih dari setengah  lusin  bentuk.  Ravina (Foto) adalah bentuk yang paling umum. Sedangkan jantan berwarna biru tua pada bagian atas dengan bulatan berbentuk  telur  berwarna  putih  pada  masing-masing sayap dan area lebih kecil berwarna putih di ujung atas sayap depan. Larvanya memakan daun kentang (Ipomoea batata). Bersembunyi dari predator dengan berada di bagian bawah daun yang dekat dengan tanah. Ulat berubah menjadi kepompong di sekitar semak-semak. Tumbuhan yang dijadikan tempat meletakkan telur adalah Sidagori (Sida rhombifolia) dan Krokot (Portulaca oleracea).

Delias hyparete atau Painted Jezebel. Habitatnya di hutan hingga daerah perkotaan. Sayap berwarna putih dengan vena berwarna hitam pekat. Bagian atas sayap belakang berwarna kuning terang sedangkan bagian bawah berwarna merah terang dengan tepian berwarna hitam. Betina lebih berwarna kehitaman. Jenis ini merupakan salah satu yang sering dijumpai di daerah  perkotaan, namun juga melimpah di daerah hutan dataran rendah. Jenis ini sering ditemui keluar masuk tajuk pepohonan di tepi jalan bahkan pada awal pagi (subuh). Jenis ini memiliki ulat yang hidup di tumbuhan parasit seperti di Benalu randu (Dendropthoe pentandra).

Eurema hecabe atau Common Grass Yellow merupakan kupu-kupu kuning yang paling umum. Meskipun kecil namun sangat mudah dikenali. Sayap atas berwarna kuning dengan tepi hitam. Bagian bawah ditandai dengan titik-titik merah yang tidak beraturan. Betina umumnya lebih pucat dengan garis tepi hitam yang lebih lebar. Jenis ini kaya akan variasi ukuran, warna, dan tanda. Jenis ini dapat ditemui berkumpul di daerah lembab berair. Dalam fase ulat berwarna hijau kekuningan dengan garis lateral yang pucat. Kayu Sengon (Albizia  falcataria) merupakan tempat favorit kupu-kupu jenis ini untuk berkembang biak. (Ady Kristanto – Transformasi Hijau) 

Join the Conversation

1 Comment

  1. Mohon informasinya …
    Apa saja keuntungan yang akan didapatkan bila seseorang membudidayakan kupu-kupu?
    Kupu-kupu jenis apa saja yang menarik dan memiliki bentuk dan warna yang indah?
    Terimakasih sebelumnya …
    Salam kenal …

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *