Ada Harta Karun di Ciliwung

Sesi games sebelum acara dongeng dimulai

Sabtu (26/02/2012). Otong dan Iting kembali menyambangi Ciliwung, kali ini berada di Condet Balekambang. Otong dan Iting merupakan tokoh dongeng pengisi acara Dongeng di Ciliwung Session Condet. Konsep dongeng di Ciliwung ini, sama seperti acara yang digelar serupa sebelumnya di Bojonggede.

“Dongeng Ciliwung ini merupakan bagian dari program Satu Bumi Kita Klab Cekatan” ujar Resha Rashtrapatiji. Satu Bumi Kita adalah program yang dibuat oleh Klab Cekatan untuk menyebarkan virus cinta lingkungan kepada anak-anak.

Dongeng yang dibawakan oleh tim Klab Cekatan ini bercerita tentang petualangan Otong dan Iting yang mendapatkan peta harta karun dan berusaha mencari tahu makna tanda “X” yang mereka lihat di peta tersebut. Perjalanan ini dimulai dari hutan bambu dan menyusuri Ciliwung hingga ke hulunya. Setibanya di hulu Ciliwung, mereka tidak mendapatkan peti harta karun seperti yang mereka bayangkan sebelumnya. Ternyata tanda “X” di peta yang mereka lihat menunjukkan ke sebuah mata air, awal dari aliran Ciliwung.
Pesan yang ingin disampaikan melalui dongeng ini bertujuan untuk mengajak anak mencintai Ciliwung dengan tidak membuang sampah sembarangan. Klab Cekatan membawakan dongeng ini menggunakan boneka marionette, boneka yang dapat digerakkan dengan tali. Praktis cara ini mengundang rasa penasaran anak-anak peserta dongeng yang berasal dari PAUD Taman Siwi Balekambang ini.

“Adik-adik bagaimana kalau kita tanya Kakak Wilda yuk. Kira-kira apa pentingnya air yang bersih bagi kita” ujar Resha sambil memerankan tokoh Otong. Ini adalah metode interaktif yang dilakukan oleh tim Klab Cekatan dengan para penikmat dongeng. Tidak hanya melibatkan anak-anak, tapi juga orang dewasa yang nampak asyik menikmati alur dongeng Ciliwung ini. 

Mulai sekarang mari kita jaga Ciliwung kita bersih dari sampah. Kalau habis jajan, sebaiknya sampah bungkusannya, dikantongi dulu agar tidak mengotori lingkungan dan Ciliwung kita, pesan Otong dan Iting di akhir dongeng. (Hendra Aquan – Transformasi Hijau)

Join the Conversation

2 Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *