Ciliwung Ceria: Asik, Keren, Asoy, Serem

Presentasi Di Depan Peserta Kemping
Sebuah pengalaman yang gak akan dan gak bisa dilupain. “KEMPING di CILIWUNG”, 21-22 Januari 2012 adalah moment yang bener-bener asik, keren, asoy tapi agak sedikit menyeramkan hehee.. 

Pertama kalinya seumur hidup aku bermalam di tengah pepohonan di atas sungai di bawah tebing di kolong langit haha lebay. Di mana aku harus bersosialisasi dengan alam terutama dengan nyamuk-nyamuk yang ramah di sekitar sungai Ciliwung dan dengan segala “sesuatu” yang ada di Desa Glonggong, Bojonggede.

Waktu yang kita tempuh dari rumah sampai ke desa itu sekitar 4 jam-an. Ehem kata ayahku sih kalo untuk sampai ke sana gak nyampe segitu lamanya tapi yaaa karna faktor: 
1. Solidaritas yang tinggi alias nunggu temen -,- (hallooooo Ucuuuuuup) 
2. Nunggu kereta yang nganterin kita ke bojong gede yang lama aja huf belum lagi akses untuk masuk dari jalan raya ke desa glonggong gak ada jadi harus berjalan kaki. Tapi itu semua terbalaskan setelah kita sampai di Desa glonggong.

Pertama kalinya aku menginjak bumi milik Desa Glonggong (sebenernya sih milik Allah hehe) perasaan aku gak keruan, pokoknya campur aduk deh. Kanan Kiri ngeliat pohon-pohon yang bikin aku norak haha maklum di Jakarta jarang ngeliat pohon-pohon yang lebat lebat kayak desa ini hee. Tapi ada juga rumah warga yang warganya ramah ramah ke kita sebagai tamu di desanya dan salah dua dari rumah warga tersebut, kamar mandinya menjadi kamar mandi umum sementara haha. Ketemu deh kita sama kakak-kakak yang dateng lebih awal dari kita hee. 

Kegiatan pertama di hari pertama kemping aku, Ulfah, Nabilah, Ucup, dan kak Yulia mendapat tugas dari kakak Ady masing-masing menjadi pembimbing kelompok yang kak Ady pilih. Aku mendapat kelompok 4, Ulfah kelompok 1, Nabilah kelompok 3, Ucup kelompok 2, dan kak Yulia kelompok 5. 

Kelompok 4 terdiri dari kak Melisa(yang gak mau dipanggil Icha), kak Rizki (si sixpacks), Ega, dan Bayu. Lalu kami harus ke pos-pos yang sudah disiapkan sesuai dengan rute pos yang dikasih sama kak Ady. Setiap pos diberi waktu selama 30 menit untuk mentoring:
I. Pos 4 tentang serangga mentornya kak Gilang. Kita dijelasin tentang bagaimana ciri, tempat hidup serangga dan disuruh mengidentifikasiin kupu-kupu.
II. Pos 5 tentang herpetofauna mentornya kak Seken. Di pos ini kita dijelasin tentang macam macam amphibi dan reptil plus habitat mereka

——————————————–makan siang dan shalat————————————-

Aku suka banget pas makan siang. Makan rame-rame ditemani suara air sungai yang mengalir+musik dari sang violist kita, kak Hendra haha (ejieeeeee) berasa banget kebersamaannya waaaaaaaa. 

Dilanjutin lagi mentoringnya:
III. Pos 1 tentang burung mentornya kak Agnes dan kakak yang rambutnya keriting (kaya pernah kenal deh!) -,-
IV. Pos 2 tentang vegetasi mentornya kak Febri. Kita di kenalin berbagi jenis tumbuhan yang ada dan yang terakhir 
V. Pos 3 tentang ekosistem sungai. Kak Hendra ngejelasin panjang lebar tentang ekosistem sungai. 

Setelah mentoring kita mandi, terus ngepeeeeeeeeeeet (aku lupa makan dulu atau ngepet dulu ya?). Ngepet berdasarkan kelompok yang udah dibagi lagi. Pembimbing kelompok aku, kelompok 1 yaitu kak Seken. Kelompok kita dapet kodok, bunglon, sama cicak hiiii
Abis ngepet kita makan malaaaaam. Terus nonton TRASHINEWS ahah maluuuuu banget, presentasi kegiatan yang udah dilakukan sama Young Transformers, terus nonton film horor sebentar terus boboooooooo.

Hari kedua kemping. aduh gak tega kalo harus nyeritain sesuatu di hari kedua (sabar ya nabilaaaah, ikhlaskan saja haha). Pagi pagi kita ada pengamatan burung selama pengamatan burung salah satu teman kita ada yang berduka. HPnya Nabilah snorkle di Ciliwung (Ciliwung Memakan Korban). Mungkin memang sudah ajalnya. Pengamatan burung dan pencarian HPnya Nabilah selesai, terus kita tubing. Seru sih tapi serem hii gak lagi deh. Sebelum kita tubing ada mentoring sedikit dari Om Rubi tentang sungai Ciliwung dan seisinya dan aku baru tau kalo ikan sapu-sapu itu bukan ikan asli sungai Ciliwung melainkan ikan pendatang baru dan pengenalan dasar fotografi jurnalistik dari Om Henry haha. Selesai tubing kita mandiiiiiiii, beres-beres, dan aku ulfah sama nabilah gak ikut foto bareng gara gara mandi 🙁 tapi gapapa lah (pasrah). Waktunya pulang ke rumah masing-masing.

Terima kasih buat kakak kakaknya yang udah bimbing dan melindungi kita selama kemping hihi.. Seruuuuuu banget acaranya,temen-temennya asik-asik banget bisa diajak berdiskusi, waktu gak ada yang ke buang sia-sia, walaupun pas nyampe rumah lagi-lagi kulit harus gatel gatel tapi buat aku ini pengalaman yang gak semua orang ngerasain hehe HIDUP CILIWUNG! Ciliwung is Ours! (Dewi Cahyani – Young Transformers)

Sumber tulisan: http://on.fb.me/zXkqp6


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *