Kurangi Sampah Dengan Kreasi Tutup Botol Plastik

Setelah beberapa waktu lalu kita berkreasi menggunakan tutup botol besi, skarang saatnya berkreasi dengan tutup botol plastik. Dari kumpulan tutup botol plastik, terlintas banyak ide kreasi yang bisa kita buat. Berkreasi dengan tutup botol plastik ini secara tidak langsung, kita telah menyelamatkan lingkungan dengan mengurangi jumlah tutup botol plastik yang akan dibuang ke lingkungan. Tertarik untuk berkreasi dan selamatkan lingkungan untuk persiapan weekend minggu ini? Yuk mari sila melirik tips berikut.
Kali ini kita akan menggabungkan tutup botol bekas dengan sisa kain/ perca. Awalnya TRASHI membuat balutan kain ke tutup botol dengan lem, tetapi ada cara yang lebih mudah (tanpa lem) yaitu dengan menjahit kain dengan teknik kerut yo-yo (biasa disebut fabric yo-yo)

Pertama-tama, buat mal dari kertas berbentuk lingkaran (diameter 9 – 10 cm) kemudian di jiplak ke kain (bisa lebih dari satu lapis kain), gunting. Jika sudah, lipat sedikit ke bagian dalam kain, kemudian bisa mulai menjahit jelujur sekeliling lingkaran kain tersebut. Jika sudah terjahit semua, siapkan 1 buah tutup botol beri kerincingan, kemudian masukkan ke dalam kain dengan posisi jahitan di bagian datar tutup botol. Tarik jahitan hingga rapat, kemudian ikat mati. 
Tambahkan ring kawat, untuk memasang tali HP atau gantungan kuncinya. 
Untuk hiasannya kita bisa memakai kancing, juga kain flanel. Jika mempunyai kancing bekas, maka sebelum dijahit jelujur, bagian tengah lingkaran kain kita pasang sebuah kancing. Untuk hiasan kain flanel bisa di tempel (sesudah jadi) atau dijahit (sebelum di jelujur, caranya sama dengan memasang kancing). 
Mudah bukan….mari berkreasi… (Wildasari)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *