Bermain di Monas Bareng Komunitas

Minggu, 30 Oktober 2011. TRASHI kembali meramaikan acara lingkungan yang kali ini digelar oleh Green Radio bersama PT. Astra International, tbk. Acara yang bertajuk “Go Green with Astra” ini bertujuan untuk menampilkan aksi nyata kepedulian lingkungan yang telah dilakukan oleh beberapa komunitas di Jakarta. Tidak kurang dari 10 komunitas lingkungan dan sosial mengisi stand di ajang pameran ini.
Warga Ciliwung Condet yang tergabung dalam KCC (foto: Wilda Hoste)
Pada kesempatan ini, TRASHI bersama Komunitas Ciliwung Condet (KCC) dan Green Camp Halimun (GCH) menampilkan kegiatan pelestarian ruang terbuka hijau Jakarta di bantaran Ciliwung. Stand bersama ini diramaikan oleh donasi hasil kreasi kertas daur ulang GCH, informasi ruang terbuka hijau Jakarta oleh TRASHI dan kegiatan konservasi salak Condet oleh KCC.
Untuk menambah semarak suasana, tidak lupa kami juga melibatkan anak-anak Condet dengan atraksi egrang mereka yang memukau. “Egrang adalah permainan tradisional warga Betawi bantaran Ciliwung Condet yang sampai saat ini masih dilestarikan keberadaannya” jelas Abdul Khodir penggerak KCC. 
Aksi ini cukup mengundang minat pengunjung untuk mampir dan mencoba egrang. “Ternyata susah juga ya main egrang, saya kira gampang lho” ujar salah satu pengunjung stand Ciliwung.
Pesan yang kami bawa dalam pameran kali ini, adalah untuk menjaga kelestarian budaya dan lingkungan Jakarta yang semakin lama semakin ditinggalkan. “Salak Condet sekarang hanya bisa ditemui di Condet saja, dan populasinya semakin menurun dengan adanya alih fungsi bantaran Ciliwung sebagai pemukiman warga dan tempat sampah ilegal. Tidak itu saja, satwa khas Jakarta, Elang bondol, kini hanya bisa dijumpai di bus Transjakarta saja. Tekanan lingkungan yang semakin berat menyebabkan burung ini hanya bisa ditemui di Kepulauan Seribu. Jadi sudah saatnya kita sebagai generasi muda ikut menyelamatkan ruang terbuka hijau Jakarta beserta isinya” tambah Ady Kristanto Manajer Program TRASHI. (HD)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *