Kotor-Kotoran di Ciliwung ( Nimbrung di Ciliwung)

Annida-Online–Ahad (20/11), bertempat di daerah Condet Balekambang, Jakarta Timur, Jejaring Komunitas Peduli Ciliwung, Jakarta, melakukan kegiatan bersama dalam rangka memperingati hari Pohon Sedunia bertajuk “Nimbrung di Ciliwung”, yang bertujuan mengangkat potensi wisata Ciliwung. Kegiatan ini selain mengajak warga Jakarta untuk peduli pada pelestarian Ciliwung juga sebagai ajang kumpul komunitas perkotaan Jakarta. 
Menurut Hendra Aquan, perwakilan dari Transformasi Hijau dan salah satu penyelenggara, “Usaha yang sedang kami kembangkan adalah mempersiapkan jejaring dengan gerakan usaha penyelamatan kali Ciliwung, serta dalam rangka menyambut persiapan rencana tata kelola yang dicanangkan Pemerintah di awal Januari 2012. Pembuatan data tandingan ini ditujukan agar dapat disosialisasikan kepada masyarakat luas. Selama ini kenyataan di lapangan baru sampai di tingkat kelurahan, harapannya bahwa pencarian data tandingan ini menjadi solusi bagi pemerintah,” papar Hendra.
Hal senada mengenai manfaat event ini juga disampaikan oleh salah satu peserta, Fahmi, dari komunitas Kophi, “Harapan kami kegiatan Nimbrung di Ciliwung ini tidak hanya sebuah event sehari, tapi bisa terus berkelanjutan karena kegiatannya bagus. Dapat mengedukasi anak-anak tentang pentingnya menjaga kelestarian sungai.”
Wakil dari pihak pemerintah DKI, adalah Ibu Sylviana Murni yang juga selaku wakil dari komunitasJakarta Glue. Organisasi nirlaba peduli lingkungan yang bertekad mengembalikan fungsi Kali Ciliwung sebagai sumber kehidupan warga Jakarta, yang memiliki nilai sosial dan ekonomi.
Adapun jejaring komunitas yang  terlibat dalam kegiatan antara lain: Ibu PKK Condet, Komunitas CIliwung Condet Komunitas Ciliwung Rawajati, Komunitas Talang, Komunitas Peduli Ciliwung Bogor Collaboration With Friend, Komunitas Historia Indonesia Green Camp Halimun, Transformasi Hijau Koalisi,l dengan kegiatan Wisata Ciliwung, Musik etnis dan lingkungan, Sharing Pengalaman Susur Ciliwung, Informasi pengelolaan ruang terbuka hijau Wisata Ciliwung Sosialisasi safety riding. [Asqa]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *