Green Map Training di Pameran Pekan Lingkungan Hidup 2011

Rabu, 2 Mei 2011, aku beserta teman2 Young Transformers dari Transformasi Hijau beserta Kak Achmad Fadillah dan juga Kak Ady Kristanto serta Kak Hendra Michael Aquan janjian ketemuan di Parkir Timur Gelora Bung Karno, Senayan. Untuk melaksanakan kegiatan membuat Peta Hijau (Green Map) yang selama ini selalu tertunda oleh berbagai kendala namun akhirnya dapat terlaksanakan juga. Di sana kami berkumpul di Area Pameran Pekan Lingkungan Hidup 2011, tepatnya di stand Ancol bersama dengan Teman2 dari Teens Go Green mereka buka stand untuk mengkampanyekan “Stop Penggunaan Kemasan Styrofoam” tak lupa kami ikut berpartisipasi di dalamnya dengan mengisi kuisioner yang disediakan dan berfoto bersama dengan papan komitmen menolak “STYROFOAM”.
Dalam pameran Pekan Lingkungan 2011 di Jakarta, ditampilkan pula produk-produk bertema green, dan hemat energi. Pameran ini juga berisi edukasi lingkungan untuk anak-anak.
Sesudah semua peserta pembuatan peta hijau hadir semua barulah kami beserta Kakak2 dari TRASHI mencari tempat yang nyaman untuk memulai materi mengenai Teknik Pembuatan Peta Hijau.
Peta Hijau merupakan kegiatan pengumpulan data dengan membuat sebuah peta yang berisi informasi mengenai tempat2 yang menarik dan penting dikunjungi. Peta Hijau dikemas secara simple dan praktis guna membantu penggunanya dapat mengerti dan memahami dimana spot- spot menarik melalui ikon- ikon yang terpampang di dalamnya. Kak Ady pun yang berperan sebagai narasumber dan sudah sering membuat peta hijau pun tak sungkan membagi- bagi ilmunya kepada kami semua.
Setelah semuanya paham maka teman2 young transformers mulai bergerak untuk memulai praktek langsung di lokasi pameran.
* Kami memulai kegiatan pemetaan dimulai dari gerbang depan pameran.
* Dilanjutkan dengan menyusuri bagian dalam tempat pameran.
* Dikarenakan banyak stand yang menarik maka kami pun memutuskan untuk mampir deh, hehe.. (siapa tau dapat souvenir menarik ;p)
Sebenarnya kami hanya diberikan waktu satu jam untuk membuat peta hijau, namun dikarenakan banyak penjaga stand yang mengajak kami mampir dan ikut serta dalam games maupun hiburan yang mereka tawarkan, hehe.. maaf ya kakak2 jadi mulur 1 jam lewat deh.
Alhasil waktu makan siang kami pun jadi ikut- ikutan mundur deh 🙁 (dan pastinya kakak2 TRASHI perutnya udah pada kukururuyuk tuh karena belum diisi nasi, maaf beribu maaf ya…)
Akhirnya kami putuskan untuk segera menemui kakak2 yang sudah menunggu lama kami diluar area stand, dan sesegera mungkin kami melaporkan hasil praktek pembuatan peta hijau kami kepada mereka, walau masih banyak kekurangan sana- sini dan belum sesempurna mungkin tapi kami cukup senang karena kak Ady memuji hasil peta buatan kami yang ala kadarnya ini ;p
Dan Kak Hendra pun menambahkan bahwa kegiatan diskusi dan praktek Peta Hijau tak hanya sampai hari ini tapi masih berlanjut lagi, namun tentunya disesuaikan dengan jadwal sekolah dari teman2 Young Transformers itu sendiri. Dan Kak Ady pun ikut menambahkan bahwa kegiatan ini semata- mata diadakan guna melatih agar kami dapat belajar mengumpulkan data, dan terbiasa akan kegiatan lapangan karena jika kami sudah agak mahir membuat peta  kita bisa ikutan dalam lomba peta tingkat nasional maupun internasional, menarik bukan ???
Sekali lagi terima kasih buat kakak2 TRASHI telah mau meluangkan waktunya dan membagi- bagi ilmu yang sangat bermanfaat pada kami semua 🙂 (Juliana Priscilla Dewi – Volunteer TRASHI)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *