Perubahan Iklim Expo


Untuk pertama kalinya Indonesian Climate Change Education Forum & Expo diselenggarakan di Indonesia. Acara yang terselenggara berkat inisiatif Dewan Nasional Perubahan Iklim ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan memaksimalkan peran serta berbagai pihak khususnya dalam menekan dampak perubahan iklim serta mendukung upaya pemerintah menurunkan emisi gas rumah kaca.

Kegiatan pameran yang bertempat di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Senayan ini bertemakan A Call to Cope With the Climate Crisis telah berlangsung pada tanggal 26-29 Mei 2011 lalu. Berbagai acara pendukung pun ikut meramaikan pameran ini diantaranya, Seminar Nasional, Dialog Terbuka, Aneka Lomba dan Games bagi anak-anak dan pengunjung yang datang, Pagelaran Seni dan Budaya maupun Pemutaran Film tentang perubahan iklim pun dihadirkan guna menyampaikan pesan dari dampak perubahan iklim itu sendiri dan juga agar masyarakat lebih mencintai lingkungan sekitar dan berlaku lebih bijak terhadap alam.

Sejumlah Kementrian, Asosiasi Pemerintah Daerah, Asosiasi Bisnis, Korporasi, Instansi Pemerintah maupun Organisasi International mendukung penuh dan turut serta dalam pameran ini. Salah satu diantaranya adalah Yayasan KEHATI yang juga turut menjadi peserta pameran dan membuka stand disana dan di stand ini KEHATI dibantu oleh teman2 volunteer dari Teens Go Green dan juga Transformasi Hijau. Yayasan Keanekaragaman Hayati (KEHATI) merupakan organisasi nirlaba pengelola dana hibah mandiri yang memfasilitasi berbagai upaya pelestarian dan pemanfaatan keanekaragaman hayati secara berkelanjutan di Indonesia. Di stand KEHATI sendiri menawarkan beragam hiburan, edukasi, dan pembagian buku-buku mengenai keanekaragaman hayati dan juga aneka souvenir unik untuk para pengunjung. Dan yang tak kalah heboh juga diminati oleh para pengunjung adalah Kampanye Foto dengan memegang papan komitmen sesuai dengan keinginan masing-masing pengunjung yang ingin berkomitmen mengubah gaya hidup mereka menjadi lebih ramah lingkungan.

* Berikut adalah beberapa Foto Komitmen yang yang sempat saya dokumentasikan  :

* Ternyata antusiasme teman2 dari SMP & SMA pun turut serta meramaikan kegiatan Jeprat-jepret komitmen perubahan gaya hidup, chekidott :

* Dan teman2 dari stand KEHATI pun tak mau kalah dengan para pengunjung :

* Juga beberapa teman2 dari stand sebelah pun ikut berpartisipasi :

Mulai hari pertama pameran dibuka sampai dengan penutupan stand Yayasan KEHATI selalu ramai oleh pengunjung yang ingin turut serta berfoto dengan komitmenya masing-masing maupun yang hanya ingin mampir dan bertukar kartu nama guna melanjutkan kerjasama dalam program lingkungan komunitas ataupun LSMnya masing-masing.

Diakhir pameran pun panitia penyelenggara atas nama Dewan Nasional Perubahan Iklim Republik Indonesia beserta dengan PT. Persada MultiCendekia Communication mengumumkan beberapa kategori yang mendapatkan penghargaan.

# Dari Kategori Instansi Pemerintah atau PEMDA,

Juara pertama diraih oleh Pemerintahan Aceh

Agus Purnomo selaku Sekertariat DNPI menyerahkan piagam kepada perwakilan Pemerintah Aceh.

Juara kedua diraih oleh Australia Indonesian Partnership (Kemitraan Australia Indonesia)

Amanda Katili selaku Koordinator divisi KIE DNPI menyerahkan piagam kepada perwakilan Australia Indonesia Partnership.

Juara ketiga diraih oleh Kementrian Pertanian

Ibu Emillya Rosa selaku Presiden Direktur Cendekia Communication menyerahkan penghargaan kepada perwakilan dari Kementrian Pertanian

# Dari Kategori BUMN/Swasta

Juara pertama diraih oleh BPMigas

Juara kedua diraih oleh PT. Pertamina Persero

Juara ketiga diraih oleh Indonesia Power

# Dari kategori Lembaga/Badan Dunia

Juara pertama diraih oleh UN-REDD Programme Indonesia

Juara kedua diraih oleh The Climate Project Indonesia

Juara ketiga diraih oleh WWF Indonesia

# Dan Untuk Kategori Interaktif

Diraih oleh PT. April Management Indonesia (RAPP)

Secara simbolik penghargaan diserahkan kepada perwakilan dari RAPP

Dan dari kesemua peserta pameran yang telah berkontribusi di dalam pameran ini diharapkan agar supaya pengunjung yang datang tak hanya datang dan melihat-lihat saja melainkan para pengunjung yang datang mendapatkan pengetahuan baru dan juga menambah wawasan mereka akan pentingnya menyelamatkan bumi terutama dari efek perubahan iklim itu sendiri sehingga mereka dapat mengubah gaya hidup mereka lebih bersahabat serta ramah terhadap alam dan lingkungan sekitar. (Juliana Priscilla Dewi – Volunteer TRASHI)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *