3 in One di Kawasan Hutan Lindung Kapuk Angke

Mengunjungi tempat menarik, berwisata ataupun melakukan riset/penelitian tentunya membutuhkan informasi dan petunjuk arah yang infomatif mengenai spot- spot mana yang menarik juga merupakan rekomendasi pilihan dan juga tentunya mudah dipahami, maka dari itu Transformasi Hijau (TRASHI) memasukan kegiatan pembuatan Peta Hijau (Green Map) dalam agenda kegiatannya pada Sabtu, 11 Juni 2011 lalu. Bertempat di Kawasan Hutan Lindung Kapuk Angke guna memperdalam kemampuan teman2 young transformers dalam membuat peta hijau yang sebelumnya memang telah dilakukan pelatihan terlebih dahulu pada 2 Mei 2011 di arena Pameran Pekan Lingkungan Hidup 2011, Parkir Timur, Gelora Bung Karno Jakarta.
Sangat disayangkan sekali gerbang utama dari kawasan Hutan Lindung ini sudah tak terawat lagi, hal ini bisa dilihat pada kondisi tulisan yang terpampang diatas meskipun masih dapat dibaca namun beberapa bagian huruf sudah hilang entah kemana??
Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 WIB, yang dihadiri oleh teman2 Young Transformers perwakilan dari Kajian Ilmiah Remaja (KIR) SMA.N 32 Jakarta beserta pihak penyelenggara sendiri yaitu Transformasi Hijau dengan fasilitator Ady Kristanto yang akan membagi ilmu serta pengalamanya kala membuat Green Map dahulu, kegiatan ini diawali dengan briefing terlebih dahulu serta diskusi hasil green map yang sebelumnya telah teman2 young transformers buat di sekolahnya.
Kemudian dilanjutkan dengan praktek lapangan yaitu kembali membuat green map di kawasan hutan lindung angke dimana tempat berlangsungnya kegiatan diskusi dan sharing tersebut dilakukan. Dan ternyata kami semua tak sendiri disana ada juga teman2 dari Kajian Ilmiah Remaja (KIR) SMA.N 14 yang juga mengadakan kegiatan disana, namun mereka disana hanya melakukan pengamatan atau lebih tepatnya lagi yaitu Studi Lapangan pengamatan Ekosistem Mangroove di Area Kawasan Hutan Lindung Kapuk. Mereka pun di fasilitasi oleh TRASHI, dengan fasilitatornya yaitu Agnes Yuliana dan Ebby.
# Dan juga ada beberapa teman2 dari Teens Go Green (TGG) yang melakukan pengamatan burung disana, mereka di dampingi oleh Khaleb Yordan beserta temanya dan juga Ady Kristanto ikut membagi ilmunya kepada teman2 TGG.
 # Setelah sesi perkenalan dan briefing dilakukan, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan green map di kawasan tersebut. Teman2 mulai membat green map sesuai dengan arah mata angin agar supaya memudahkan penandaan pada hasil gambar.
# Dan hasil akhirnya adalah mereka ditugaskan untuk mempresentasikan Peta Hijau (Green Map) yang telah mereka buat beserta penjelasan disetiap ikon yang mereka gambar.
Setelah semuanya selesai diharapkan peta hijau yang mereka buat hari itu dapat disempurnakan kembali sehingga berguna sebagai petunjuk bagi pengunjung ataupun teman2 dari sekolah/universitas lain yang ingin melakukan riset/penelitian di kawasan tersebut. Dan jika peta hijau tersebut telah disempurnakan diharapkan peta hijau yang telah teman2 young transformers buat pun dapat diikut serakan dalam lomba green map tingkat nasional atau bahkan internasional. Insya Allah…
Tetap Optimis yua teman2, dan terus Belajar serta hargai Bumi agar selalu Hijau dan Lestari (Juliana Priscilla Dewi – Volunteer TRASHI )

Join the Conversation

2 Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *