Pengamatan Lapangan (SMMA) :D

Sekitar pukul 18.00 WIB kami (aku, Dewi, Ari dan Ulfah) sampai di SMMA, dengan PD-nya kita masuk tiba-tiba Dewi yang paling depan lari jadi mau ga mau yang di belakang lari semua. “Kok lari Wi ?”, “gelap banget”, ternyata di dalam itu belum ada siapa-siapa. Akhirnya kami mutusin buat nunggu di luar sampai ada yang dateng. Lebih kurang setengah jam kita nunggu di luar udah gatau kayak apa diliatin sama orang-orang yang lewat, sampai tiba-tiba ada taksi yang berhenti di situ terus turun seorang laki-laki, ternyata dia mahasiswa dari IPB yang ikut acara kayak kami juga. 
Alhamdulillah kita bisa masuk ke dalam juga bareng sama kakak yang dari IPB itu. Aku gatau deh kalo ga ada dia kami mau masuk kapan hehehe (penakut padahal rame2) makasi yaa kak :D. Begitu sampai dalam………………..WOW banget, kami disambut MERIAH sama nyamuk-nyamuk yang ada di sana, nyamuknya ganjen-ganjen banget, main keroyokan pula. Sambil nunggu yang lain dateng kita cuma makan sambil ngobrol sedikit sama kak Second/kak Seken (gatau tulisannya gimana, maaf ya kak) ternyata dia itu yang ngasi tau kami tentang herpet. Beberapa lamaaaa kemudian yang lain dateng, setelah itu kami dijelaskan tentang apa itu herpet dan macam-macamnya. 
Sekitar pukul 20.15 WIB kami keluar untuk mencari herpet, karna yang ikut cukup banyak jadinya dibagi 2 kelompok. Aku bareng-bareng sama dewi, Ari, Ulfah, kak Cecil, Akbar, Ayub (itu aja kalo ga salah, kalo ada yang ga kesebut maaf yaa) jalan ke arah kiri dari SMMA. Sepanjang jalan kenangan, loh ?! kita nemuin lumayan banyak kodok sama katak, si pawang (Akbar) gesit banget nangkepin kodoknya, 1,2,3,…. dst kodok2 terkumpul. Setelah kami rasa cukup dan memang ga nemuin kodok lagi kami kembali ke SMMA. Ternyata kelompok yang satu lagi mereka menemukan kura-kura yang lumayan besar, waah asik banget yaa.
Gekko gecko salah satu kelompok herpet di SMMA
Terus semua kodok2 dikumpulin dan kak Second/kak Seken ngasi kita penjelasan tentang kodok dan katak yang udah kita tangkap tadi, banyak juga ya jenisnya. Setelah selesai kami semua nungguin makan malem yang udah berubah jadi makan sahur hahaha, abis makannya selesai kami semua tidur (ditidur-tidurin mungkin lebih tepatnya). Sampai kita mau tidur aja itu nyamuuuk masi ngeroyok jahat banget deh gangguin kita istirahat, nungguin pules lamaaa benget, eh sekalinya udah pules beberapa jam kemudian aku bangun (jam 3 kalo ga salah) kali ini bukan gara-gara nyamuk, tapi karna dehidrasi, aku ga tau mau cari minum di mana. Akhirnya aku usahaaaa lagi buat tidur, miring kanan, miring kiri, geser kanan, geser kiri gaaa bisa tidur juga sampai pagi. 
Bangun-bangun, bersih-bersih terus sarapan sambil ada sedikit penjelasan dari kak Agnes sama kak Eby tentang burung. Setelah itu kita pengamatan lapangan. Aku, Dewi, Ulfah, sama Akbar milih pengamatan ekosistem yang dibimbing sama kak Eby. Jalaaan jalaaan sambil ngamatin ekosistem yang ada di sana. Aku dapat cukup banyak pengetahuan yang belum pernah aku tau sebelumnya, salah satunya spesies alien, aku sempet bingung juga awalnya (emang ada yaa spesies alien ??) ternyata setelah dijelasin sama kak Eby aku jadi tau apa itu spesies alien. 
Setelah pengamatan yang cukup menyenangkan kita bikin sejenis laporan dalam bentuk gambar untuk dipresentasikan. Terus setelah semuanya selesai kita beres-beres dan siap-siap untuk pulang. I was back home, senangnyaaaa :D. Tiba-tibaaa JENG JEEEEEEENG, aktifitas garuk menggaruk ga selesai sampai di sini, begitu sampai di rumah ternyata gatel-gatelnya malah tambah parah dan menyebar, tapi itu ga jadi masalah besar(walaupun masalah juga sebenarnya) karna ini adalah pengalaman yang OKE banget, jadi nambah pengalaman dan yang pasti nambah pengetahuan juga. Pokoknya seru deh. Makasi banyak yaaa kakak-kakak semua buat ilmunyaaaa, makasi juga buat TRASHI yang udah ngadain acara ini 😀 (Hanan Nabilah – volunteer TRASHI)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *