Donasi Senyum Jakarta untuk Jepang

Sabtu, 2 April 2011. Bencana tsunami dan krisis nuklir di Jepang menggugah semangat berbagi teman-teman di Jepang dan Jakarta. Donasi yang selama ini identik dengan uang dan materiil, kali ini kami wujudkan dalam bentuk yang berbeda. Dalam kegiatan ini kami mengusung tema “Smile and Energy to Tohoku.”
Dalam menjalankan aksi donasi ini, TRASHI dibantu oleh komunitas Parkour Jakarta, SMA 32, SMA 17, SMK 56, UMN, Komunitas Green Camp dan para relawan TRASHI. Donasi senyum ini berlokasi di Lapangan Museum Fatahilah. Pengumpulan donasi senyum ini juga sangat mudah. Para relawan yang terlibat mengajak pengunjung untuk mendonasikan senyumnya dengan cara bergaya lucu serta menarik. Tidak hanya itu saja, sambil bergaya unik mereka juga membawa sebuah pesan yang memberi semangat.
“Saya tertarik terlibat dalam aksi ini, karena menurut saya ini adalah kegiatan yang positif. Pengalaman kami terlibat di Earth Hour lalu mungkin bisa disumbangkan untuk menghebohkan donasi senyum ini” kata Angelique salah seorang anggota Parkour Jakarta.
Aksi donasi senyum yang berjalan dari jam 11.00 – 17.00 WIB berhasil mengumpulkan 200 buah foto dengan berbagai gaya yang asyik dan gaul. Ternyata tidak hanya foto saja, ada beberapa peserta yang menyumbangkan puisi, nyanyian yang bernada positif untuk menghibur para korban di Jepang. Donatur nya pun beragam mulai abang tukang parkir, pengamen, sampai turis asing yang sedang berwisata di Kota Tua Jakarta.
“Donasi senyum ini merupakan wujud kepedulian kami untuk membantu saudara kita di Jepang dan juga menjadi pengalaman berharga untuk saya, ternyata tidak semua orang mudah untuk tersenyum ya” ujar Afriyani Anzari volunteer TRASHI dari SMA 32 Jakarta Selatan.
Foto dan video yang sudah terkumpul, kemudian dikirimkan ke Hoko Horii, sahabat TRASHI di Jepang yang akan membawa donasi senyum warga Jakarta ini ke Tohoku. Tohoku adalah sebuah wilayah di Pulau Honshu yang terkena dampak tsunami cukup parah dan letak reaktor nuklir Fukushima.
Melalui donasi senyum ini, TRASHI dan para relawan yang terlibat mencoba membantu saudara-saudara di Jepang melalui hal yang sederhana; senyuman dan semangat positif. Ternyata semangat berbagi untuk kemanusiaan itu masih bisa ditemukan di warga Jakarta. Terima kasih untuk dukungan teman-teman dan para sahabat TRASHI, sehingga acara ini bisa berlangsung dengan luar biasa. Salam kemanusiaan dan Domo Arigatou!!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *