TRASH BUSTER: Mulung Sampah Hutan Mangrove

Transformasi Hijau (TRASHI) memperingati Hari Air Sedunia 2011 dengan mulung sampah di hutan mangrove terakhir Jakarta. Kegiatan mulung sampah ini dinamakan TRASH BUSTER dan didukung oleh GEF SGP, Coca Cola dan Danareksa.
Apa hubungan mulung sampah di hutan mangrove dengan peringatan Hari Air? Tema peringatan Hari Air 2011 adalah “Water for Cities.” Tema ini bermakna bahwa kita perlu melakukan perlindungan bagi sumber air perkotaan. Tidak hanya perlindungan tapi juga harus memperhatikan unsur pengelolaan ramah lingkungan.
Jakarta sebagai kota besar memiliki masalah serius dengan sumberdaya air. Sumber air permukaan seperti sungai dan situ sudah tercemar dengan beragam jenis pencemar baik dari limbah industri maupun rumah tangga. Mulai dari limbah cair maupun sampah yang padat. Rusaknya sumberdaya air ini mengancam kebutuhan konsumsi warga pada air bersih yang layak.
Melihat kondisi ini, TRASHI mengajak warga Jakarta untuk melihat hasil kerusakan lingkungan yang sudah dimulai dari hulu sungai. Pencemaran Ciliwung yang berawal di Bogor, melintas melalui Depok dan berakhir di Teluk Jakarat membawa beragam jenis zat pencemar. Beberapa diantaranya ada yang mampir di sela-sela ekosistem hutan mangrove Jakarta.
Kawasan hutan mangrove ini memiliki peran penting dalam menjaga daratan utama dari abrasi, menyaring air sebelum masuk ke Teluk Jakarta serta memberi perlindungan bagi telur-telur binatang laut. Tingginya kerusakan yang dialami oleh hutan mangrove oleh sampah dan limbah cair ini akan membawa kerusakan juga bagi Teluk Jakarta. Tidak itu saja, fungsi kawasan ini sebagai wilayah resapan banjir akan tidak berfungsi maksimal.
Perlindungan sumberdaya air harus dimulai dari sumbernya. Pencegahan dan berpikir kembali saat membuang sampah merupakan solusi yang tepat. TRASH BUSTER yang dilakukan ini lebih sebagai pengingat, bahwa ketika warga Jakarta tidak peduli pada kesehatan sungainya, maka kita tidak akan melihat hutan mangrove lagi di pesisir utara Jakarta. Selamat memperingati Hari Air Sedunia 2011.
Informasi TRASH BUSTER kunjungi: Mulung Sampah Hutan Mangrove

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *