Earth Hour60+ 2011

Sabtu 26 Maret 2011 lalu, akhirnya Earth Hour 60+ 2011 telah mencapai puncaknya. Acara dibuka oleh Fauzi Bowo Gubernur DKI Jakarta pada pukul 20.30 WIB. Hal ini merupakan tanda dimulainya aksi pemadaman listrik selama satu jam dari pukul 20.30-21.30 WIB di Balai Kota dan Air Mancur Bundaran HI bersama tim Champhion Earth Hour dan komunitas-komunitas di Jakarta. 
Earth Hour sendiri ialah suatu gerakan mematikan lampu selama satu jam untuk meredam pemanasan global. Karena bahan bakar utama pembuat listrik ialah batu bara yang sangat mencemari lingkungan dan menjadi salah satu penyebab pemanasan global “Global Warming”. Jadi jika kita dapat menghemat penggunaan listrik, maka secara otomatis juga dapat mengurangi asap yang dihasilkan oleh batu bara dalam membuat listrik. Mengapa tahun ini dinamakan Earth Hour 60+, karena diharapkan usai mematikan lampu selama satu jam pada Sabtu kemarin, masyarakat Indonesia dapat tetap menghemat listrik dalam kehidupannya sehari-hari.

Acara Earth Hour tahun ini diadakan di Lima Kota Besar di Indonesia antara lain; Jakarta, Bandung, Jogja, Semarang dan Bali. Di Jakarta sendiri acara mematikan lampu selama satu jam ini dibagi ke dalam dua titik,yakni Balai kota dan Air Mancur Bundaran HI. Untuk di Air Mancur Bundaran HI dimeriahkan oleh komunitas-komunitas antara lain :

1.Komunitas Parkour Jakarta ( campaign dari Balaikota sampai Bundaran HI)  
2.Transformasi Hijau ( TRASHI )
3.Komunitas Sketsa Online
4.Komunitas Sepeda FIxie
5.Komunitas Sepeda Ontel Jakarta
6.Komunitas Sepeda BMX
7.Pramuka Museum Bahari.

Sedangkan Di Balai Kota sendiri tidak kalah ramai.  Dimeriahkan oleh Abang dan None Jakarta, Tasya dari Duta lingkungan, penampilan dari Nugie dan Katon Bagaskara yang membawakan lagu Bila Bumi Bisa Bicara dengan penyanyi solo Delon sebagai pembawa acara dan tentu pula Jakarta Fauzi Bowo sebagai Duta Earth Hour 60+ 2011.

Para undangan dan peserta yang menghadiri Earth Hour 2011 tersebut menyalakan lilin saat lampu Balai Kota dan Air Mancur Bundaran HI dimatikan pada pukul 20.30-21.30 WIB. Di Air Mancur Bundaran HI anak-anak muda dan komunitas-komunitas yang berikumpul mengii waktu 1 jam dengan berfoto bersama dan bercanda gurau.

Gerakan Earth Hour ini dilakukan serentak di berbagai negara di dunia antara lain; Australia, Kanada, Brazil, Perancis, Jerman, Italia, Afrika Selatan dan masih banyak lainnya. Kota Jakarta tahun ini berhasil menghemat listrik sebesar 170 mega watt (MW). Penghematan ini meningkat sebesar 50 MW dari tahun 2010, yang sebesar 120 MW (Rommy Lesmana).

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *