Earth Hour 2011

Pada tanggal 24 Februari 2011 kemarin telah diadakan sebuah pertemuan lokakarya yang melibatkan beberapa Komunitas se-Jabodetabek. dalam pertemuan ini Transformasi Hijau terlibat menjadi salah satu pesertanya. Lokakarya ini bertujuan untuk mensosialisasikan Earth Hour Day yang merupakan kegiatan penghematan penggunaan energi listrik yang jatuh pada tanggal 26 Maret 2011 mendatang.
Pertemuan yang bertempat di Kampus London School of Public Relation (LSPR) Jakarta ini dilakukan dalam rangka Kampanye Nasional Earth Hour 60+ 2011 yang bertujuan untuk menekan pemanasan global dalam bentuk gerakan mematikan lampu sejenak selama 60 menit. Yang serentak akan dilaksanakan di 6 Kota Besar diantaranya : Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Semarang, dan Bali.
KOPHI sebagai penyelenggara bekerja sama dengan WWF sebagai fasilitator tak hanya mengadakan pertemuan tetapi juga dibarengi dengan Workshop yang dihadiri oleh 11 komunitas dan kampus.Workshop yang diawali dengan pembentukan team building, strategi campaign dan diakhiri dengan presentasi ini menghasilkan sebuah komitmen untuk aksi bersama dari semua komunitas dan kampus yang hadir untuk mematikan 9 ikon Kota Jakarta diantaranya : Ancol, Jababeka, Margo City, Monas, Arjuna Wiwaha, Bunderan HI, Patung Pemuda, Kota Tua, dan Segitiga Emas Kuningan tepat pada pukul 20.30-21.30 WIB pada 26 Maret mendatang.
Kegiatan serupa juga akan berlangsung pada 25 Februari – 6 Maret 2011 di 5 Kota lainnya, dan diharapkan dari aksi bersama tersebut dapat mengurangi laju perubahan iklim dan meningkatkan awareness (kesadaran) masyarakat atas perlunya tindakan terhadap perubahan iklim serta mengurangi konsumsi listrik guna masa depan lingkungan hidup untuk anak cucu kita nanti (Juliana P. Dewi).

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *